Tuesday, May 29, 2012

Alhamdulillah, Ribuan Murid SD Ikuti Lomba Baca Juz Amma

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG---Sebanyak 5.500 murid Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti lomba membaca Juz Amma tingkat Kota Padang di lapangan Aie Pacah, Sumatera Barat, 22-25 Mei 2012.
"Peserta merupakan perwakilan dari sebelas kecamatan se-Kota Padang dan perwakilan dari SD sederajat," kata Ketua Panitia Pelaksana Al Amin.

Dia mengatakan, sebelum mengikuti lomba di tingkat Kota Padang, peserta sudah menjalani seleksi tingkat kecamatan, dan yang terbaik mewakili kecamatannya masing-masing.
Lebih lanjut Al Amin mengatakan, digelarnya perlombaan tersebut selain untuk menanamkan hafalan Juz Amma bagi setiap pelajar SD, juga sebagai upaya pemerintah Kota Padang dalam memberantas buta aksara Alquran.

Selain itu katanya, perlombaan tersebut juga merupakan program lanjutan dari program-program perbaikan akidah di kalangan pelajar yang telah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Selain tetap konsentrasi pada implementasi dari program subuh muboroqah, asmaul husna, dan pesantren Ramadhan. "Program ini juga bagian dari keinginan Pemko Padang untuk terus menanamkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan pelajar se-Kota Padang karena dengan hal itu katanya bisa memperbaiki sikap serta menjaga pergaulan serta pengaruh negatif dalam kehidupan.

Menurutnya, lomba Juz Amma ini dimaksudkan untuk memberikan dasar atau pondasi yang kuat di bidang keagamaan pada anak-anak. "Tidak hanya iptek yang harus kita tingkatkan, tapi anak-anak juga harus dibekali keimanan yang kita berikan pada usia dini," katanya.

Al Amin menjelaskan, kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan Pemko Padang tersebut memperebutkan uang pembinaan Rp 10 juta untuk juara pertama, Rp 9 juta peringkat kedua dan Rp 8 juta bagi peringkat ketiga.
Ia mengharapkan, dengan adanya perlombaan itu bisa memberikan semangat kepada murid untuk terus berlatih dan melafazkan Alquran secara baik dan benar, serta menjadikan ajang itu untuk bisa memberikan prestasi dalam bidang keagamaan.


View the original article here

No comments: